Program Studi Magister Ilmu Politik (Prodi MIP) Sekolah Pascasarjana Universitas Nasional (Unas) telah berdiri sejak tahun 1984/1985 yang menjadi Ketua Prodi adalah Prof Dr. Deliar Noer. Keberadaan MIP pada waktu itu tidak  mendapat izin dari pemerintah melalui Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah DKI. Pimpinan MIP dengan semangat idealismenya dan dukungan Rektor Unas Prof Dr. Sutan Takdir Alisahbana, tetap menjalan kegiatan perkuliahan, meskipun tanpa pengakuan dari pemerintah.

Prodi MIP baru memperoleh pengakuan dari pemerintah tahun 1999 melalui SK Dirjen Dikti No. 190/DIKTI/Kep/1999 Tentang Pembentukan Program Magister Ilmu Politik Unas yang kemudian diperpanjang pada tahun 2007 melalui SK Ditjen Dikti No. 3035/D/T/2007 Tentang Perpanjangan Ijin Operasional Penyelenggaraan. Prodi MIP pada tahun 2008 memperoleh akreditasi B berdasarkan SK BAN PT No. 002/BAN-PT/Ak-VI/S2/V/2008. Pada tahun 2013, Prodi MIP memperoleh akreditasi A dengan nilai 368 berdasarkan  SK BAN PT No. 248/BAN-PT/Ak-XI/M/XII/2013.

Dewasa ini, Prodi MIP merupakan Prodi MIP swasta yang terbaik di Indonesia yang memperoleh akreditasi dengan predikat A dari BAN-PT. Prodi MIP akan terus meningkatkan kualitasnya sejalan dengan tuntutan internal dan eksternal untuk mempertahankan dan meningkatkan statusnya baik secara nasional maupun internasional. Dengan modal pengalaman dan dukungan sumber daya dan sarana dan prasarana yang tersedia, hal ini bukan sekedar cita-cita hampa, Semoga.