VISI

Menjadi Program Studi Magister Ilmu Politik yang unggul dan menempati posisi teratas di Indonesia dalam penyelenggaraan pendidikan Magister dalam kajian Politik Indonesia dan Ekonomi Politik pada tahun 2022.

MISI

  1. 1. Menyelenggarakan pendidikan Magister Ilmu Politik dengan penekanan atau fokus konsentrasi pada bidang kajian politik Indonesia dan ekonomi politik secara akademis dan professional.

    2. Menyelenggakanpendidikan Magister Ilmu Politik untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, memiliki keunggulan, kemandirian, bermoral (beretika) serta terserap di berbagai lapangan pekerjaan yang relevan seperti lembaga legislatif, lembaga eksekutif (birokrasi), lembaga pendidikan, lembaga penelitian, partai politik, dan sebagainya, dan siap melanjutkan studi Doktoral/S3.

    3.Menyelenggarakan kegiatan penelitian di bidang politik dengan penekanan atau fokus konsentrasi pada bidang kajian politik Indonesia dan ekonomi politik dengan mengimplementasikan prinsip-prinsip akademis, menjunjung tinggi integritas keilmuan, yang hasilnya dapat dipublikasikan ke dalam media-media publikasi ilmiah yang relevan seperti antara lain jurnal nasional yang terakreditasi, jurnal internasional, prosiding, buku, dan media publikasi ilmiah yang relevan lainnya.  

    4. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat, terutama yang selaras dengan ruang lingkup bidang politik dan terfokus pada bidang kajian politik Indonesia dan ekonomi politik dalam kerangka pendidikan politik bangsa.

TUJUAN

    1. Mendidik dan menghasilkan Magister Ilmu Politik yang menguasai kerangka konseptual sekaligus mampu menjelaskan fenomena perkembangan politik dengan penekanan atau fokus kajian politik Indonesia dan ekonomi politik.
    2. Mendidik dan menghasilkan Magister Ilmu Politik yang dapat mengembangkan profesinya, terutama sebagai pendidik, peneliti, politisi, konsultan dan analis politik yang independen, profesional, dan siap melanjutkan studi pada jenjang pendidikan berkutnya (program doktoral/S-3).
    1. Mendidik dan menghasilkan Magister Ilmu Politik yang mampu melakukan penelitian dengan pendekatan akademis interdisiplin dan multidisiplin terhadap perkembangan politik Indonesia dan ekonomi politik mutakhir.
    2. Mendidik dan menghasilkan Magister Ilmu Politik yang mampu mengembangkan keilmuan yang relevan guna mendorong kesejahteraan masyarakat.